Iklan

Senin, 07 Mei 2018

Perbedaan lempuyang wangi, pahit, gajah dan emprit

Barangkali ada yang masih bingung tentang lempuyang. Tulisan ini adalah hasil wawancara singkat dan analisis ciri fisik tanaman lempuyang. Harap maklum penulis tidak tau menahu tentang kandungan lempuyang.
Nah secara umum masyarakat menyebut lempuyang berdasarkan ukuran dan aroma. Berdasarkan ukuran ada lempuyang gajah yang ukuranya besar, serta lempuyang emprit untuk lempuyang yang ukuranya kecil. Berdasarkan aroma masyarakat menyebut ada lempuyang wangi dan lempuyang pahit. Lempuyang wangi, aromanya agak wangi. Lempuyang pahit aromanya sedikit asam dan pahit di tenggorokan bila dihirup dengan tarikan nafas yang dalam.
Secara fisik, lempuyang wangi adalah lempuyang emprit. Sementara lempuyang gajah adalah lempuyang pahit. Hal ini karena lempuyang wangi ukuranya lebih kecil, aromanya wangi, lebih berserat sehingga ketika dipatahkan tidak langsung patah.
Lempuyang gajah/ lempuyang pahit cenderung tidak memiliki banyak serat, jadi ketika dipatahkan ruasnya akan langsung patah. Ciri yang paling mudah untuk membedakan lempuyang wangi/ emprit dengan lempuyang gajah atau lempuyang pahit adalah dengan mematahkanya. Kalau mudah dipatahkan, dan aromanya pahit ini berarti puyang pahit/gajah. Kalau dipatahkan tidak langsung patah dan beraroma wangi maka itu adalah puyang emprit/ wangi.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar